Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Pemerintahan Kota Medan
SUSUNAN ORGANISASI
Disdukcapil Medan   29 Oktober 2015   0 Comment   4583

Sebagaimana diatur dalam Keputusan Walikota Medan No.03 Tahun 2009, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan merupakan unsur penunjang  Pemerintah Kota Medan yang dipimpin oleh seoarang kepala Dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Adapun susunan organisasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan adalah sebagai berikut:

  • Kepala Dinas
  • Sekretariat terdiri dari:
    • Sub Bagian Umum;
    • Sub Bagian Keuangan;
    • Sub Bagian Penyusunan Program.
  • Bidang Kependudukan terdiri dari :
    • Seksi Registrasi Penduduk dan Nomor Induk Kependudukan;
    • Seksi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk
    • Seksi Mutasi Penduduk.
  • Bidang Catatan Sipil terditi dari :
    • Seksi Kelahiran dan Kematian;
    • Seksi Perkawinan dan Perceraian;
    • Seksi Perubahan Data.
  • Bidang Data Kependudukan terdiri dari :
    • Seksi Data Pendudukan;
    • Seksi Penyimpanan Dokumen Kependudukan;
    • Seksi Penyuluhan
  • Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi dan Pengendalian Kependudukan terdiri dari:
    • Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
    • Seksi Pengendalian Kependudukan.
  • Kelompok Jabatan Fungsional.

TUGAS DAN FUNGSI

Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan catatan sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Fungsi Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kota Medan sebagai berikut:

  • Merumuskan kebijakan teknis dibidang kependudukan dan catatan sipil.
  • Menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang kependudukan dan catatan sipil.
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang kependudukan dan catatan sipil.
  • Mendokumentasikan hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil
  • Menjamin kerahasian dan keamanan data atas peristiwa kependudukan dan peristiwa penting
  • Melakukan verifikasi dan validasi data dan informasi yang disampaikan oleh penduduk dalam pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil
  • Menyediakan data Agregat Kependudukan dan Catatan sipil
  • Melaksanajan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah.

Kependudukan Dan Catatan Sipil sesuai Keputusan Walikota Medan N0.03 Tahun 2009, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil memiliki susunan organisasi sebagai berikut. Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Medan sesuai dengan surat Keputusan Walikota Medan No.03 Tahun 2009 untuk masing-masing perangkat kerja, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan terdiri atas :

Sekretariat. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian administrasi kepegawaian, keuangan,perlengkapan,kerumahtanggaan dan urusan lainnya. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas, Sekretariat mempunyai fungsi:

  • Menyusun rencana kegiatan kerja
  • Mengelola urusan perlengkapan, kerumahtanggaan dan pengadaan barang dinas
  • Melaksanakan pengelolaan urusan surat menyurat dan urusan umum dinas
  • Mengelola urusan administrasi keuangan serta rencana penyusunan laporan keuangan Dinas
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksaan rencana program kerja dinas
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya. 

Sekretariat terdiri dari:

  • Sub Bagian Umum
  • Sub Bagian Keuangan
  • Sub Bagian Penyusunan Program 
Setiap Sub Bagian dipimpin oleh seoarang Kepala Sub Bagian yang dalam melaksanakan tugasnya dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris. Sub bagian Umum mempunyai tugas mengelola surta menyurat, surat keterangan Bidang kependudukan dan catatan sipil, pengadaan barang dan perlengkapan kerumahtanggaan, mengelola administrasi dibidang kepegawaian serta urusan umum lainnya. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas mengelola Administrasi keuangan serta rencana penyusunan laporan keuangan. Sub bagian Penyusunan Program mempunyai tugas mengumpulan dan menyiapkan bahan perumusan rencana dan program kerja dinas, menganalisa dan menyajikan data serta mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan rencana program kerja dinas.
 
Bidang Kependudukan. Bidang Kependudukan dipimpin oleh seoarang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas dinas dibidang pelayanan dan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Untuk melaksanakan tugasnya Bidang Kependudukan mempunyai fungsi:
  • Menyusun rencana kegiatan kerja
  • Registrasi Penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing dan pemberian Nomor Induk Kependudukan(NIK)
  • Melaksanakan kegiatan pendaftaran dan pencatatan adminstrasi penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Mengumpulkan dan mengelola bahan pelayanan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Melaksanakan kegiatan penerbitan Kartu keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Mengelola pendaftaran dan pencatatan mutasi penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Melaksanakan tugas0tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
Bidang Kependudukan terdiri dari:
  • Seksi Registrasi Penduduk dan Nomor Induk Kependudukan
  • Seksi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk
  • Seksi Mutasi Penduduk
Setiap Seksi dipimpin oleh seoarang Kepla Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang. Seksi Registrasi Penduduk dan Nomor Induk Kependudukan mempunyai tugas memverifikasi dan memvalidasi formulir bio data penduduk dan merekam data ke dalam database kependudukan untuk mendapatkan NIK. Seksi Mutasi Penduduk mempunyai tugas memeriksa dan meneliti/pindah datang, merekam data ke dalam data base kependudukan, menertibkan surat keternagan pindah/pindah datang antar kabupaten/kota dalam satu propinsi dan pindah/pindah datang antar propinsi. Seksi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk mempunyai tugas memverifikasi dan memvalidasi data penduduk dan kelengkapan berkas persyaratan, merekam data kedalam database, menerbitkan KK dan KTP.
 
Bidang Catatan Sipil. Bidang Catatan Sipil dipimpin oleh seoarang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.Bidang Catatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang pelayanan pencatatan sipil penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Untuk melaksanakan tugas Bidang Catatan Sipil mempunyai fungsi:
  • Menyususn rencana kegiatan kerja
  • Melaksanakan pendaftaran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan,mengelola data serta penerbitkan Akta Kelahiran, Akta kematian,Akta Perkawinan,Akta Perceraian,Akta Pengakuan Anak.
  • Melaksanakan pendaftran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, serta mencatat pengesahan dan pengangkatan anak, perubahan nama Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Melaksanakan pendaftaran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, serta mengelola perubahan status kewarganegaraan
  • Melaksanakan pendaftaran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, serta mencatat pembatalan perkawinan dan perceraian
  • Melaksanakan pencatatan peristiwa penting lainnya
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
Bidang Catatan Sipil terdiri dari:
  • Seksi Kelahiran dan Kematian
  • Seksi Perkawinan dan Perceraian
  • Seksi Perubahan Data
Setiap seksi dipimpin oleh seoarang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Catatan Sipil. Seksi kelahitan dan Kematian mempunyai tugas menyiapkan bahan pencatatn, pendaftaran dan memeriksa meneliti berkas pencatatan serta mengelola data dan menerbitkan akta kelahiran dan akta kematian bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Seksi Perkawinan dan Perceraian mempunyai tugas menyiapkan bahan pencatatan, pendaftaran dan memeriksa dan meneliti berkas pencatatan serta mengelola data dan menerbitkan akta perkawinan dan akta perceraian bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Seksi Perubahan Data mempunyai tugas mengumpulkan bahan dan data, memeriksa dan meneliti berkas serta mengelola data dan menerbitkan Akta Pengakuan Anak, pendaftaran dan pencatatan pengesahan dan pengangkatan Anak, perubahan nama, perubahan status kewarganegaraan, menerbitkan salinan dan Akta Kutipan II dan seterusnya serta mencatat peristiwa penting lainnya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing.
 
Bidang Data Kependudukan. Bidang Data Kependudukan dipimpin oleh Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Data Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas dibidang Pengelolaan Data dan Laporan Penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Untuk melaksanakan tugas Bidang Data Kependudukan mempunyai fungsi:
  • Menyusun rencana kegiatan kerja
  • Menyimpan dan memelihara akurasi data kependudukan dan catatan sipil dalam database kependudukan
  • Menjaga kerahasian data Individu masyarakat
  • Menyediakan Data Agregat Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai dasar pengolahan data Statistik dan laporan data Kependudukan
  • Menyiapkan bahan dan data untuk pelaksanaan penyuluhan Admistrasi Kependudukan dan Catatan sipil
  • Memeriksa, mengesahkan dokumen yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan serta mengelola dan menyimpan dokumen Kependudukan dan Catatan sipil
  • Menyiapkan bahan dan data untuk kegiatan pelaksanaan penyukuhan  Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil WNI/Orang Asing
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya
Bidang Data Kependudukan terdiri dari:
  • Seksi Data kependudukan
  • Seksi Penyimpanan Dokumen Kependudukan
  • Seksi Penyuluhan
Setiap seksi dipimpin oleh seoarang kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Data kependudukan. Seksi Data kependudukan mempunyai tugas, menyiapkan dan memelihara akurasi data kependudukan dan catatan sipil dalam database kependudukan,menjaga kerahasian data individu masyarakat, menyediakan data agregat kependudukan dan catatan sipil sebagai dasar pengolahan bahan statistik dan laporan data kependudukan, menyiapkan bahan dan data untuk pelaksanaan penyuluhan administrasi kependudukan dan catatan sipil. Seksi penyimpanan dokumen kependudukan mempunyai tugas melaksanakan pemeriksaan, pengesahan dokumen berkas yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan serta mengelola dan menyimpan dokumen kependudukan dan catatan sipil. Seksi penyuluhan mempunyai tugas menyiapkan bahan dan data untuk kegiatan pelaksanaan penyuluhan bidang kependudukan dan catatan sipil WNI/Orang Asing
 
Bidang pengelolaan Informasi Administrasi dan Pengendalian Kependudukan. Bidang pengelolaan informasi administrasi dan pengendalian kependudukan dipimpin oleh seoarang kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang pengelolaan informasi administrasi dan pengendalian kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas dibidang pengendalian dan pengawasan, serta penyuluhan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia(WNI )dan Warga Negara Asing (WNA). Untuk melaksanakan tugas Bidang Pengelolaan informasi Administrasi Pengendalian Penduduk mempunyai fungsi:
  • Menyusun rencana kerja
  • Pengolahan data dan menyusun grafik data statistik
  • Memberikan layanan informasi Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil melalui papan informasi  mauoun secara lisan
  • Pemeriksaan data dan dokumen yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan
  • Pengendalian,pemantauan,pengawasan dan penyelidikan terhadap penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil
  • Pengendalian ,pemantauan dan pengawasan mobilitas penduduk dan arus komuter penduduk
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
Bidang pengelolaan informasi administrasi dan pengendalian kependudukan terdiri dari
  • Seksi pengelolaan informasi administrasi kependudukan
  • Seksi pengendalian kependudukan
Setiap seksi dipimpin oleh seorang kepala seksi yang dalam melaksanakan tugasnya dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Pengendalian Kependudukan. Seksi pengelolaan informasi administrasi kependudukan mempunyai tugas melaksanakan pengolahan data dan menyusun grafik data statistik serta memberikan layanan informasi Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil melalui papan informasi maupun secara lisan. Seksi pengendalian penduduk mempunyai tugas melaksanakan pemeriksaan data dan berkas yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan dan melaksanakan pengendalian, pemantauan, penyelidikan terhadap penyelenggaraan admistrasi kependudukan dan catatan sipil dan mobilitas penduduk serta arus komuter penduduk
 
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
 
Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil sesuai dengan keahlian dan kebutuhan. Kelompok jabatan fungsional dimaksud pada pasal tersebut diatas terdiri dari sejumlah tenaga,dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan keahliannya. Setiap kelompok tersebut pada ayat 1 pasal ini dipimpin oleh seoarang tenaga fungsional senior. Jumlah jabatan fungsional tersebut pada ayat 1 pasal ini, ditentukan berdasarkan kebutuhan daerah. Jenis dan jenjang jabatan fungsional tersebut pada ayat 1 pasal ini, diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jumlah Penduduk Kota Medan
Jumlah Penduduk Kota Medan Pada Tahun 2015 Semester Satu

Laki-Laki

Perempuan

SHOUTBOX

Sophia Chandra:
Apakah ektp yang masa berlaku kadaluarsa di tahun 2017, wajib dilaporkan untuk dicetak ulang dengan ektp yang versi baru (masa berlaku seumur hidup)?

DEO DEMONTA PANGGABEAN:
Mohon informasi kepada Bapak/Ibu admin Pengelola web disdukcapil kota medan. Saya telah memiliki e-KTP dengan status Tidak Kawin dan masa berlakunya 24-05-2017, Saya juga memiliki KTP Biasa dikarenakan saya sudah menikah, KTP biasa itu saya dapat dari kecamatan sesuai arahan petugas disdukcapil di tahun 2013 bahwa yang sudah pernah terbit eKTP tidak dapat di terbitkan kembali, jadi agar status berubah menjadi KAWIN saya mengurusnya ke kecamatan. Apakah ektp yang sudah akan habis masa berlaku dapat saya urus ke disdukcapil kota medan? sebab segala urusan administrasi mensyaratkan eKTP. mohon informasi dan SOP untuk hal tersebut. Terima kasih.

Hendra:
Dear Bapak / Ibu, Saya mau tanya, akte kelahiran saya tahun 1988 diterbitkan di medan. Aktenya yg asli hilang, jadi maksud saya mau minta terbitkan akte baru. Akan tetapi KK dan KTP saya sdh pindah ke kotamadya Jambi. Apakah bisa diterbitkan akte salinan dari medan? Mohon arahannya.

Fandy:
Apakah pencatatan perjanjian kawin yang dibuat setelah perkawinan sah telah dapat dicatat?

Mardi Susanto:
Apakah legalisir akte lahir harus selalu di tempat di keluarkanya tersebut ? Bagaimana kalo tempat tinggalnya jauh...?

dodi:
Maaf,sebelumnya saya mau tanya.apakah benar untuk ngurus surat pindah di kenakan biaya sebesar Rp250.000..?

evs:
Maksud saya apakah blanco e ktp sekarang sudah ada bulan maret 2017 kapan ada ya

evs:
Apakah sekarang ektp sudah ada

JANIVA:
Apakah blanko KTP sudah ada? ini sudah lebih dari 6 bulan nih.. tolong dong

Rara:
Saya mau tanya, dulu di thn 2014 bulan 5 saya sudah buat ktp, bahkan saya sudah foto dan sidik jari. Waktu saya tnya orang kelurahan medan area kpn selesai e-ktpnya, jawabnya sekitar 6 bulan. Tepat bulan 12 saya kembali ke kantor lurah menanyakan E KTP saya, mereka bilang E KTP sudah tidak keluar lagi. Apa mksd mereka begitu? Apa itu permainan mereka?? Terima kasih

Jawaban mengenai pertanyaan Anda akan dijawab melalui SMS/E-Mail, Terima Kasih
FACEBOOK
Kalender Kegiatan
Maret 2017
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
Lihat Kalender Kegiatan

Video
Polling
BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?

Statistik Website

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 7.206
  Jumlah hits hari ini : 1.708
  Total hits : 1.563.411
  Total pengunjung : 82.352
  Jumlah pengunjung online: 2

Browser :
Waktu :

Copyright © 2013-2015 DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA MEDAN V.02, hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. Iskandar Muda No. 270 Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4527110, Fax +62 61 4529792
e-mail:disdukcapil.medan@gmail.com