Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Pemerintahan Kota Medan

Beranda
Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3265

MEDAN - HI Keberadaan mahasiswa asing di Medan diwajibkan segera melaporkan diri ke Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Pemko Medan. "Mereka diwajibkan segera melaporkan atau mendaftarkan dirinya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Medan guna tertib administrasi kependudukan sesuai UU No.23 tahun 2006. Dipastikan pada saat melaporkan atau mendapaftar diri, mahasiswa asing tidak dipersulit sedikitpun," ungkap Wali Kota Medan Drs H Rahudman saat membuka Sosialisasi Pelayanan Dokumen Kependudukan Asing dan Sistem Layanan Dokumen Pelajar Asing Berbasis Website hasil kerjasama Pemko Medan dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan di Hotela Santika Dyandra Medan, Sabtu (3/11/2012). Dijelaskan Wali Kota, keberadaan orang asing di Kota Medan saat ini cenderung semakin meningkat, baik menetap untuk kegiatan ekonomi maupun menuntut ilmu di berbagai universitas yang ada. Namun dari segi administrasi kependudukan dan catatan sipil, ternyata masih relative banyak yang belum melapor atau mendaftarkan diri ke Disduk Capil Kota Medan. Salah satu pemicunya akibat ketidaktahuan terhadap peraturan administrasi kependudukan.


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3765

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan akan menggelar pencatatan Akta Nikah Massal pada Mei nanti.Rencana ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan Muslim Harahap usai rapat koordinasi e-KTP di Balai Kota, Senin (22/4/2013). "Sering sekali orang tua tidak bisa membuat Akta Lahir karena tidak bisa menunjukkan Akta Nikah. Jumlahnya ribuan, terutama di Medan Tuntungan dan Medan Baru," ujarnya. Menurutnya, masih banyak keluarga yang mengira tidak perlu membuat Akta Nikah karena merasa cukup dengan memiliki Surat Pemberkatan Pernikahan dari gereja.


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3755

"Besok kita akan meluncurkan dua unit mobil KTP di Medan Marelan. Mobil inilah nanti yang akan melayani masyarakat untuk KTP," kata Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, usai menghadiri acara pertemuan Pemko Medan dengan Konjen Jepang di Medan Club, Senin (9/1)Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Medan, Darussalam Pohan menambahkan, dua unit mobil yang akan diluncurkan ini nantinya untuk menjemput bola kepada masyarakat yang hendak mengurus pembuatan KTP"Pelayanan KTP ini memang kita proyeksikan untuk melayani KTP bagi masyarakat di seluruh kecamatan. Untuk sekarang memang baru dua unit. Ini merupakan program Pemko Medan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan ke depan nantinya akan kita tambah," terang Darussalam.


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3332

Menteri Dalam Negeri Gamawan  Fauzi memuji tindakan jemput bola yang dilakukan Pemko Medan dalam program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).“Saya tadi sudah melakukan pengecekan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini. Wali Kota dan Kepala Dinas sudah membuat terobosan dengan melakukan jemput bola, yakni mengejar orang-orang yang belum melakukan perekaman e-KTP dengan cara off line di tempat-tempat keramaian. Jadi dengan cara off line ini, nantinya data dimasukan ke sistem on line. Ini suatu terobosan bagus, “ ujar Gamawan Fauzi saat meninjau ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, Kamis (14/3).

 


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3343

Pemerintah kota Medan melalui dinas kependudukan dan catatan sipil kota Medan akan melakukan pencatatan akta nikah. Pencatatan akta nikah ini menurut kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kota Medan Muslim Harahap dikarenakan banyak pasangan yang menikah tetapi belum mendaftarkan pernikahaannya ke dinas kependudukan dan catatan sipil. Dan mayoritas yang tidak terdaftar di catatan sipil adalah warga kota Medan dari kalangan non muslim.

 


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3407

Medan-andalas Pemerintah Kota (Pemko) Medan membuat terobosan baru dalam pelayanan publik khususnya dalam pengurusan akte kelahiran. Pemko Medan akan melakukanm jemput bola dengan menggelar persidangan keliling perkara perdata permohonan pencatatan kelahiran bagi anak berusia di atas 1 tahun. Hal ini terungkap saat dilakukan pertemuan dalam rangka pembuatan perjanjian kerja sama tentang pelayanan publik melalui persidangan keliling perkara perdata permohonan pencatatan kelahiran antara Pengadilan Negeri Kelas 1-A dan Pemko Medan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), PT BRI Cabang Utama Medan, dan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Medan, di Balai Kota Medan, Senin (6/8).

 




< Sebelumnya ... 1 3 4 5 6 ... Sesudahnya > 

(total 6 halaman)

Jumlah Penduduk Kota Medan
Jumlah Penduduk Kota Medan Pada Tahun 2015 Semester Satu

Laki-Laki

Perempuan

FACEBOOK
Kalender Kegiatan
Oktober 2018
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031
Lihat Kalender Kegiatan

Video
Polling
BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?

Statistik Website

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 2.936
  Jumlah hits hari ini : 80
  Total hits : 2.721.714
  Total pengunjung : 83.306
  Jumlah pengunjung online: 1

Browser :
Waktu :

Copyright © 2013-2015 DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA MEDAN V.02, hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. Iskandar Muda No. 270 Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4527110, Fax +62 61 4529792
e-mail:disdukcapil.medan@gmail.com