Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Pemerintahan Kota Medan

Beranda
Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3135

MEDAN (SM) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan akan melakukan pencatatan perkawinan secara massal bagi warga Kota Medan yang belum memiliki akta perkawinan. Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Medan Muslim Harahap, di Balai Kota Medan. Program tersebut akan diselenggarakan pada Mei mendatang bagi pasangan suami istri yang sudah menikah tetapi beluk memiliki akta perkawinan. Muslim mengungkapkan, program pencatatan pernikahan secara massal dilakukan sebagai tindak lanjut dari program pembuatan akta kelahiran anak berusia di bawah satu tahun secara gratis. Selama ini pembuatan akta kelahiran anak usia dibawah satu tahun secara gratis sering terkendala karena orang tuanya belum memiliki aktaperkawinan. "Karenanya perlu kita buat pencatatan perkawinan secara massal bagi pasangan suami istri", ujarnya.

 


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3471

AlfathahNews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan menegaskan pengurusan akta kelahiran bagi usia di atas satu tahun ke atas tidak ada batas waktu sehingga warga tidak perlu terburu-buru mengurusnya.  “Kita tegaskan pengurusan akta kelahiran bagi usia di atas satu tahun tidak ada batas waktu. Saat ini yang terjadi seolah-olah mengurus akta kelahiran karena ada batas waktu seperti satu bulan sehingga yang mengurus membludak,” kata Muslim Harahap, Senin (20/5).  Dia mengimbau kepada warga Medan untuk menyesuaikan pengurusan akta kelahiran.

 


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   2970

MEDAN - HI Keberadaan mahasiswa asing di Medan diwajibkan segera melaporkan diri ke Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Pemko Medan. "Mereka diwajibkan segera melaporkan atau mendaftarkan dirinya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Medan guna tertib administrasi kependudukan sesuai UU No.23 tahun 2006. Dipastikan pada saat melaporkan atau mendapaftar diri, mahasiswa asing tidak dipersulit sedikitpun," ungkap Wali Kota Medan Drs H Rahudman saat membuka Sosialisasi Pelayanan Dokumen Kependudukan Asing dan Sistem Layanan Dokumen Pelajar Asing Berbasis Website hasil kerjasama Pemko Medan dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan di Hotela Santika Dyandra Medan, Sabtu (3/11/2012). Dijelaskan Wali Kota, keberadaan orang asing di Kota Medan saat ini cenderung semakin meningkat, baik menetap untuk kegiatan ekonomi maupun menuntut ilmu di berbagai universitas yang ada. Namun dari segi administrasi kependudukan dan catatan sipil, ternyata masih relative banyak yang belum melapor atau mendaftarkan diri ke Disduk Capil Kota Medan. Salah satu pemicunya akibat ketidaktahuan terhadap peraturan administrasi kependudukan.


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3307

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan akan menggelar pencatatan Akta Nikah Massal pada Mei nanti.Rencana ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan Muslim Harahap usai rapat koordinasi e-KTP di Balai Kota, Senin (22/4/2013). "Sering sekali orang tua tidak bisa membuat Akta Lahir karena tidak bisa menunjukkan Akta Nikah. Jumlahnya ribuan, terutama di Medan Tuntungan dan Medan Baru," ujarnya. Menurutnya, masih banyak keluarga yang mengira tidak perlu membuat Akta Nikah karena merasa cukup dengan memiliki Surat Pemberkatan Pernikahan dari gereja.


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3392

"Besok kita akan meluncurkan dua unit mobil KTP di Medan Marelan. Mobil inilah nanti yang akan melayani masyarakat untuk KTP," kata Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, usai menghadiri acara pertemuan Pemko Medan dengan Konjen Jepang di Medan Club, Senin (9/1)Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Medan, Darussalam Pohan menambahkan, dua unit mobil yang akan diluncurkan ini nantinya untuk menjemput bola kepada masyarakat yang hendak mengurus pembuatan KTP"Pelayanan KTP ini memang kita proyeksikan untuk melayani KTP bagi masyarakat di seluruh kecamatan. Untuk sekarang memang baru dua unit. Ini merupakan program Pemko Medan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan ke depan nantinya akan kita tambah," terang Darussalam.


Disdukcapil Medan   12 September 2013   0 Comment   3039

Menteri Dalam Negeri Gamawan  Fauzi memuji tindakan jemput bola yang dilakukan Pemko Medan dalam program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).“Saya tadi sudah melakukan pengecekan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini. Wali Kota dan Kepala Dinas sudah membuat terobosan dengan melakukan jemput bola, yakni mengejar orang-orang yang belum melakukan perekaman e-KTP dengan cara off line di tempat-tempat keramaian. Jadi dengan cara off line ini, nantinya data dimasukan ke sistem on line. Ini suatu terobosan bagus, “ ujar Gamawan Fauzi saat meninjau ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, Kamis (14/3).

 




< Sebelumnya ... 1 2 3 4 5 ... Sesudahnya > 

(total 5 halaman)

Jumlah Penduduk Kota Medan
Jumlah Penduduk Kota Medan Pada Tahun 2015 Semester Satu

Laki-Laki

Perempuan

SHOUTBOX

SUMUT HANCUR!!!:
kecewa dengan Disdukcapil medan jalan iskandar muda! proses pengiriman ektp dr sana ke camat medan timur di tunda2, akibatnya kami terbengkalai..woii mana kalian disdukcapil islandar muda? kok blum sampai juga ektp kami? uda 2bulan nih di tunda sama pihak camat mesan timur jl. hm said no. 1 Glugur darat. permainan apa lagi? yg tau nomor kepala disdukcapil share donk. mau di semprot dulu. kasi tau ke mendagri pusat!!!

Kecewa:
Kecewa dengan camat kecamatan medan timur!!!!! Smua masalah ektp belar kelar sampai sekarang!!! Uda 2 bulan..

Mohamad sandoko:
Percuma kalian2 nanya nya di sini,ektp di medan di batasi. Sampai kalian muntah darah pun ga akan di balas di sini.. habisin tenang saja. Apalagi kalo kalian domisili di medan timur lebih parah pelayanan sana. Ektp di tunda terus. Ud 2 bulan blum terima. Kurang ajar memang di pikir2. Kita rakyat dipermainkan gini!

ilyas:
selamat siang saya mau tanya apakah blanko ektp sudah ada,,,, kl sudah ,,di ambil di mana ya?

belly syuhairy:
saya mau tanya apa benar blangko ektp sudah tersedia?

Edison Butar Butar:
Apakah E-KTP sudah bisa diambil pak ? Soalnya masa keterangan resi /surat pengganti e-ktp sudah mau habis jangka waktunya.

Joosten:
KTP saya sama dengan KTP orang Jakarta Selatan. dan saya sudah 3x buat bpjs ketenagakerjaan, hasilnya tetap sama. solusinya bagaimana y

Iskandar muda hasibuan:
Saya sudah rekam pertama kali Ektp diluncurkan prmerintah di kantor camat medan area...tapi sampai hari ini belum juga keluar. Sudah 2x saya ke kantor camat keterangannya sama yaitu belum siap. Mohon diperjelas dimana permasalahannya??? Berhubung saya sedang kerja di luar medan. Utk pulang memakan waktu dan biaya. Saya saat ini d batam. Terima kasih.

TULUS PRAMITA SIHALOHO:
Mau tanya Pengurusan Akta Kelahiran Online 1. Apaka pelapor itu bisa Ayahnya ? 2. Apakah Saksi I dan II harus ikut lagi hadir dicapil (seperti pengurusan akta kalau manual) ? Terima Kasih

Syifa nurul asna:
Bagaimana cara mengurus e ktp di sipil setelah lama dari kantor kecamatan 6 bulan

Jawaban mengenai pertanyaan Anda akan dijawab melalui SMS/E-Mail, Terima Kasih
FACEBOOK
Kalender Kegiatan
Oktober 2017
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
Lihat Kalender Kegiatan

Video
Polling
BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?

Statistik Website

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 2.936
  Jumlah hits hari ini : 529
  Total hits : 1.962.226
  Total pengunjung : 82.954
  Jumlah pengunjung online: 1

Browser :
Waktu :

Copyright © 2013-2015 DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA MEDAN V.02, hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. Iskandar Muda No. 270 Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4527110, Fax +62 61 4529792
e-mail:disdukcapil.medan@gmail.com