Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Pemerintahan Kota Medan
VISI DAN MISI
Disdukcapil Medan   30 Oktober 2015   0 Comment   5727

VISI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Visi adalah cara pandang jauh kedepan, kemana instansi pemerintah harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif. Secara umum visi adalah pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan dan secara potensial untuk terwujud. Visi ditetapkan merupakan gambaran bersama mengenai masa depan dan menjadi komitmen murni dari seluruh masyarakat dan Dinas Kependudukan Pemerintah Kota Medan.Tujuan penetapan visi adalah mencerminkan apa uang ingin dicapai, memberikan arah dan focus strategis yang menjadi perekat dan menyatukan gagasan yang strategis, melalui orientasi terhadap masa depan, mampu menumbuhkan komitmen seluruh jajaran dalam lingkungan dalam lingkungan organisasi dan mampu menjamin keseimbangan organisasi. Visi Dinas Kependudukan Kota Medan diharapkan akan dapat mendukung Visi Kota Medan yaitu “Medan Kota Metropolitan yang modern, madani dan religious”.

Visi Dinas Kependudukan adalah: ”Terciptanya Tertib Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil yang Terpercaya”.

MISI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Misi adalah suatu yang harus diemban atau dilksanakan oleh instansi pemerintah sesuai visi yang ditetapkan, agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Sejalan dengan visi, maka nilai Dinas Kependudukan adalah:

  • Meningkatkan pelayanan prima Bidang Administrasi kependudukan dan catatan Sipil kepada masyarakat
  • Meningkatkan kualitas data dan informasi yang akurat Bidang Kependudukan dan catatan sipil
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan dan catatan sipil
  • Meningkatkan kualitas aparatur Dinas Kependudukan

Keempat Misi Dinas Kependudukan di atas memiliki makna, rasionalitas atau alasan obyektif sebagai berikut.

  • Meningkatkan pelayanan prima Bidang Administrasi kependudukan dan catatan sipil kepada masyarakat. Pelayanan Dinas kependudukan terhadap masyarakat haruslah prima. Artinya pelayanan itu harus mengutamakan kepuasan dan kepentingan masyarakat sesuai dengan hak-hak dan kewajiban masyarakat. Pelayanan prima Dinas Kependudukan Kota Medan diseyogyakan menjangkau seluruh kelompok dan lapisan masyarakat kota medan agar proses penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil dapat berlangsung secara merata dan menyeluruh sehingga tertib administrasi kependudukan dan catatan sipil dapat tercapai.
  • Meningkatkan kualitas data dan informasi yang akurat Bidang Kependudukan dan catatan sipil. Data dan Informasi yang Akurat tentang kependudukan dan catatan sipil sangat dibutuhkan, karena perencanaan dan proses pembangunan yang baik harus didukung dnegan data dan informasi yang akurat, untuk bidang kependudukan data dan informasi tentang penduduk digunakan dalam rangka perencanaan dan proses pembangunan yang berorientasi penduduk. Sedangkan data dan informasi bidang catatan sipil sangat dibutuhkan masyarakat, karena kejadian penting dialami masyarakat yang telah dicatatkan ke Dinas pendudukan sebagai Dokumen penting Seumur Hidup dan memiliki kekuatan hukum.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan dan catatan sipil. Administrasi kependudukan yang baik tidak dapat tercapau apabila hanya dilaksanakan oleh pemerintah Kota Medan Khususnya Dinas Kependudukan Kota Medan, melainkan harus ada partisipasi masyarakat luas. Untuk itu Karen kesadaran masyarakat akan pentingnya Administrasi kependudukan dan catatan sipil dapat lebih ditingkatkan, guna tercapainya tujuan pembangunan
  • Meningkatkan kualitas aparatur Dinas Kependudukan. Tertib adminstrasi kependudukan dan catatan sipil akan dapat tercapai apabila aparatur Dinas Kependudukan memiliki kemampuan dan keahlian untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Di sisi lain, hal itu harus didukung oleh keterlibatan masyarakat, tidak saja dalam bentuk kesadaran untuk mencatatkan diri, tetapi juga kesediaan untuk turut membiayai proses penyelenggaraan adminstrasi kependudukan dan catatn sipil. Oleh Karen itu,kualitas aparatur dan partisipasi masyarakat merupakan dua sisi dari satu realitas yang sama yang harus ada agar visi Dinas Kependudukan dapat terwujud.
Jumlah Penduduk Kota Medan
Jumlah Penduduk Kota Medan Pada Tahun 2018 Semester Satu

Laki-Laki

Perempuan

Kalender Kegiatan
Juni 2019
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Lihat Kalender Kegiatan

Video
Polling
BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?

Statistik Website

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 12
  Jumlah hits hari ini : 1.502
  Total hits : 3.272.071
  Total pengunjung : 83.612
  Jumlah pengunjung online: 1

Browser :
Waktu :

Copyright © 2013-2019 DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA MEDAN V.02, hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. Iskandar Muda No. 270 Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4527110, Fax +62 61 4529792
e-mail:disdukcapil.medan@gmail.com