1 Maret 2021

Perubahan Pencetakan Kartu Keluarga dan Akta Catatan Sipil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan melakukan perubahan pencetakan Kartu Keluarga dan Akta Catatan Sipil. Dokumen Kartu Keluarga dan Akta Catatan Sipil akan dicetak di kertas putih ukuran A4 80 gram.

Perubahan ini disesuaikan menurut Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 Tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan Pasal 12.

Keabsahan Dokumen Kependudukan tersebut berikutnya bisa dicek melalui QRCODE yang terdapat pada masing-masing dokumen tersebut. Pembacaan bisa dilakukan dengan Barcode Reader atau Aplikasi pembaca barcode untuk Android, seperti ZXing Barcode Reader. Hasil pembacaan barcode adalah alamat URL Website pemeriksaan dokumen tersebut. Silahkan buka URL Website tersebut untuk memastikan keabsahan dokumen kependudukan dan catatan sipil.

Dengan berlakunya penerapan Permendagri ini. Semenjak Tanggal 4 Agustus 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan mencetak Kartu Keluarga dan Akta Catatan Sipil di kertas Putih.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Harap diisi dengan benar agar kami bisa berkomunikasi langsung dengan Anda via Email. Inputan ditandai * (bintang) harus diisi