Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Pemerintahan Kota Medan
Kemendagri Gerak Cepat Atasi Pengiriman KTP el Palsu Dari Luar Negeri
Disdukcapil Medan   10 Februari 2017   0 Comment   861

Jakarta – Beredarnya KTP-el palsu kembali marak akhir-akhir ini. Diduga, KTP-el tersebut dikrim dari luar negeri dengan alamat tujuan Jakarta. 

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, bergerak cepat mengusut kebenarannya. Pihaknya langsung menugaskan Direktur Pendaftaran Penduduk, Drajad Wisnu Setyawan, untuk melakukan koordinasi dengan Ditjen Bea dan Cukai, Kamis (09/02/2017). Tujuannya, mengecek kebenaran pemberitaan dan juga untuk memverifikasi secara langsung fisik KTP tersebut.

Hasil koordinasi dengan Direktur Kepabeaan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea Cukai, Robert Leonard Marbun, membenarkan adanya kiriman paket tersebut pada tanggal 3 Februari 2017, dan kasusnya sudah ditangani langsung Ditjen Bea dan Cukai. Paket yang dikirim melalui jasa pengiriman Fedex ini berasal dari Kamboja dengan kategori barang cetakan. 

Hasil x-ray dan pengecekan langsung memperlihatkan isi paket tersebut berupa 1 buah tabungan, 1 kartu ATM, 32 kartu NPWP, dan 36 keping KTP-el. “Jadi tidak benar kalau pengiriman KTP-el palsu dari luar negeri itu jumlahnya mencapai 500.000 keping”, jelas Prof. Zudan, Jum’at (10/02/2017). 

Mengingat kasus ini sudah masuk ke ranah hukum, Ditjen Dukcapil dan Ditjen Bea dan Cukai akan melakukan pendalaman lebih lanjut bersama-sama dengan Kepolisian, Ditjen Pajak, dan instansi terkait lainnya. Koordinasi intensif sedang dilakukan untuk mengetahui motifnya. 

“Kalau melihat isi paket yang berupa KTP, NPWP, buku tabungan dan kartu ATM, bisa jadi terkait rencana kejahatan siber, kejahatan perbankan atau pencucian uang. Perlu waktu untuk memastikannya”, lanjut peraih gelar doktor dan guru besar dalam bidang hukum ini. 

Mengantisipasi penyalahgunaan dokumen tersebut untuk Pilkada mendatang, terutama KTP-el, Prof. Zudan yang juga menjabat Pj. Gubernur Gorontalo ini menghimbau petugas KPPS (pengawas TPS dan saksi) agar bertindak cepat untuk melakukan konfirmasi dengan petugas dinas Dukcapil setempat. 

“Jika ragu akan keabsahan dokumen yang dipakai pemillih, segera lakukan pengecekan sebelum mengijinkan pemiliknya menggunakan hak pilih”, jelasnya. 

Dengan adanya pengecekan ini, kemungkinan penggunaan KTP-el dan Suket Pengganti KTP-el palsu untuk memilih dapat dihindari. Dukcapil***

Jumlah Penduduk Kota Medan
Jumlah Penduduk Kota Medan Pada Tahun 2015 Semester Satu

Laki-Laki

Perempuan

SHOUTBOX

SUMUT HANCUR!!!:
kecewa dengan Disdukcapil medan jalan iskandar muda! proses pengiriman ektp dr sana ke camat medan timur di tunda2, akibatnya kami terbengkalai..woii mana kalian disdukcapil islandar muda? kok blum sampai juga ektp kami? uda 2bulan nih di tunda sama pihak camat mesan timur jl. hm said no. 1 Glugur darat. permainan apa lagi? yg tau nomor kepala disdukcapil share donk. mau di semprot dulu. kasi tau ke mendagri pusat!!!

Kecewa:
Kecewa dengan camat kecamatan medan timur!!!!! Smua masalah ektp belar kelar sampai sekarang!!! Uda 2 bulan..

Mohamad sandoko:
Percuma kalian2 nanya nya di sini,ektp di medan di batasi. Sampai kalian muntah darah pun ga akan di balas di sini.. habisin tenang saja. Apalagi kalo kalian domisili di medan timur lebih parah pelayanan sana. Ektp di tunda terus. Ud 2 bulan blum terima. Kurang ajar memang di pikir2. Kita rakyat dipermainkan gini!

ilyas:
selamat siang saya mau tanya apakah blanko ektp sudah ada,,,, kl sudah ,,di ambil di mana ya?

belly syuhairy:
saya mau tanya apa benar blangko ektp sudah tersedia?

Edison Butar Butar:
Apakah E-KTP sudah bisa diambil pak ? Soalnya masa keterangan resi /surat pengganti e-ktp sudah mau habis jangka waktunya.

Joosten:
KTP saya sama dengan KTP orang Jakarta Selatan. dan saya sudah 3x buat bpjs ketenagakerjaan, hasilnya tetap sama. solusinya bagaimana y

Iskandar muda hasibuan:
Saya sudah rekam pertama kali Ektp diluncurkan prmerintah di kantor camat medan area...tapi sampai hari ini belum juga keluar. Sudah 2x saya ke kantor camat keterangannya sama yaitu belum siap. Mohon diperjelas dimana permasalahannya??? Berhubung saya sedang kerja di luar medan. Utk pulang memakan waktu dan biaya. Saya saat ini d batam. Terima kasih.

TULUS PRAMITA SIHALOHO:
Mau tanya Pengurusan Akta Kelahiran Online 1. Apaka pelapor itu bisa Ayahnya ? 2. Apakah Saksi I dan II harus ikut lagi hadir dicapil (seperti pengurusan akta kalau manual) ? Terima Kasih

Syifa nurul asna:
Bagaimana cara mengurus e ktp di sipil setelah lama dari kantor kecamatan 6 bulan

Jawaban mengenai pertanyaan Anda akan dijawab melalui SMS/E-Mail, Terima Kasih
FACEBOOK
Kalender Kegiatan
Oktober 2017
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
Lihat Kalender Kegiatan

Video
Polling
BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?

Statistik Website

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 2.936
  Jumlah hits hari ini : 552
  Total hits : 1.962.249
  Total pengunjung : 82.954
  Jumlah pengunjung online: 1

Browser :
Waktu :

Copyright © 2013-2015 DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA MEDAN V.02, hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. Iskandar Muda No. 270 Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4527110, Fax +62 61 4529792
e-mail:disdukcapil.medan@gmail.com