Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Pemerintahan Kota Medan
Hindari KTP el Palsu, Kemendagri Dorong Lembaga Pengguna Pakai Card Reader
Disdukcapil Medan   09 Februari 2017   0 Comment   590

Jakarta – Penataan  dan  penertiban  dalam penerbitan  dokumen  dan  data  kependudukan merupakan upaya besar penyelenggaraan administrasi kependudukan. Upaya tersebut tidak terhenti hanya pada penerbitan KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya. Ke depan, era pemanfaatan data kependudukan harus menjadi fokus perhatian berbagai kementerian/lembaga, termasuk lembaga/instansi non pemerintah/swasta.  

Untuk itu, Ditjen Dukcapil Kemendagri terus mendorong kementerian/lembaga memanfaatkan data kependudukan. Hingga saat ini,  ada 28 kementerian/lembaga yang telah melakukan kerjasama dengan Ditjen Dukcapil melalui penandatanganan Memorandum of Undarestanding (MoU), dan 204 kementerian/lembaga melalui Perjanjian Kerjasama (PKS).

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, sebanyak 56 kementerian/lembaga sudah secara aktif mengakses data kependudukan dengan jumlah akses 167 juta kali. 

Selain itu, Prof. Zudan juga mendorong lembaga pengguna memanfaatkan alat pembaca KTP-el (card reader). “Saya sudah menyurati lembaga-lembaga pengguna data Dukcapil seperti perbankan untuk gunakan card reader,” jelasnya.

Saat ini, setidaknya 162 lembaga telah menggunakan alat pembaca tersebut, meliputi 40 lembaga pemerintah, dan 122 lembaga non pemerintah/swasta. Jumlah alat pembaca yang dipakai sudah mencapai 2.025 buah. 

Beberapa lembaga yang sudah menggunanakan adalah Baintelkam Polri 929 buah, Korlantas 250 buah, BRI 127 buah, BPR Karya Jatnika 100 buah, dan BPJS Ketenagakerjaan 68 buah, serta BNP2TKI 25 buah.

Ada banyak manfaat yang diperoleh jika lembaga menggunakan card reader dalam pemanfaatan data KTP-el. Selain menghindari penyalahgunaan KTP-el, juga menghindari beredarnya KTP-el palsu seperti yang banyak dikeluhkan akhir-akhir ini. 

Menurut Prof. Zudan, KTP-el asli sulit dipalsukan apalagi digandakan. Selain secara fisik harus memenuhi spesifikasi khusus sebagaimana diatur dalam undang-undang, di dalam KTP-el juga terselip chip yang hanya bisa dibaca dengan alat pembaca khusus (card reader). “KTP-el palsu tidak mungkin terbaca oleh alat itu”, jelas Prof. Zudan, Rabu (08/02/2017). Dukcapil***

Jumlah Penduduk Kota Medan
Jumlah Penduduk Kota Medan Pada Tahun 2015 Semester Satu

Laki-Laki

Perempuan

SHOUTBOX

SUMUT HANCUR!!!:
kecewa dengan Disdukcapil medan jalan iskandar muda! proses pengiriman ektp dr sana ke camat medan timur di tunda2, akibatnya kami terbengkalai..woii mana kalian disdukcapil islandar muda? kok blum sampai juga ektp kami? uda 2bulan nih di tunda sama pihak camat mesan timur jl. hm said no. 1 Glugur darat. permainan apa lagi? yg tau nomor kepala disdukcapil share donk. mau di semprot dulu. kasi tau ke mendagri pusat!!!

Kecewa:
Kecewa dengan camat kecamatan medan timur!!!!! Smua masalah ektp belar kelar sampai sekarang!!! Uda 2 bulan..

Mohamad sandoko:
Percuma kalian2 nanya nya di sini,ektp di medan di batasi. Sampai kalian muntah darah pun ga akan di balas di sini.. habisin tenang saja. Apalagi kalo kalian domisili di medan timur lebih parah pelayanan sana. Ektp di tunda terus. Ud 2 bulan blum terima. Kurang ajar memang di pikir2. Kita rakyat dipermainkan gini!

ilyas:
selamat siang saya mau tanya apakah blanko ektp sudah ada,,,, kl sudah ,,di ambil di mana ya?

belly syuhairy:
saya mau tanya apa benar blangko ektp sudah tersedia?

Edison Butar Butar:
Apakah E-KTP sudah bisa diambil pak ? Soalnya masa keterangan resi /surat pengganti e-ktp sudah mau habis jangka waktunya.

Joosten:
KTP saya sama dengan KTP orang Jakarta Selatan. dan saya sudah 3x buat bpjs ketenagakerjaan, hasilnya tetap sama. solusinya bagaimana y

Iskandar muda hasibuan:
Saya sudah rekam pertama kali Ektp diluncurkan prmerintah di kantor camat medan area...tapi sampai hari ini belum juga keluar. Sudah 2x saya ke kantor camat keterangannya sama yaitu belum siap. Mohon diperjelas dimana permasalahannya??? Berhubung saya sedang kerja di luar medan. Utk pulang memakan waktu dan biaya. Saya saat ini d batam. Terima kasih.

TULUS PRAMITA SIHALOHO:
Mau tanya Pengurusan Akta Kelahiran Online 1. Apaka pelapor itu bisa Ayahnya ? 2. Apakah Saksi I dan II harus ikut lagi hadir dicapil (seperti pengurusan akta kalau manual) ? Terima Kasih

Syifa nurul asna:
Bagaimana cara mengurus e ktp di sipil setelah lama dari kantor kecamatan 6 bulan

Jawaban mengenai pertanyaan Anda akan dijawab melalui SMS/E-Mail, Terima Kasih
FACEBOOK
Kalender Kegiatan
Oktober 2017
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
Lihat Kalender Kegiatan

Video
Polling
BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?

Statistik Website

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 2.936
  Jumlah hits hari ini : 556
  Total hits : 1.962.253
  Total pengunjung : 82.954
  Jumlah pengunjung online: 1

Browser :
Waktu :

Copyright © 2013-2015 DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA MEDAN V.02, hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. Iskandar Muda No. 270 Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4527110, Fax +62 61 4529792
e-mail:disdukcapil.medan@gmail.com